Bantuan Sosial Bupati Disalurkan Tiga Tahap

Dilihat 4094 kali
Warga Desa Kalinegoro mengambil Bansos Bupati Magelang di Balai Desa Kalinegoro Mertoyudan
BERITAMAGELANG.ID - Panitia Bansos Bupati Magelang tahap I di Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan menyalurkan bantuan terhadap warga terdampak Covid-19 dalam dua kloter untuk menghindari kerumunan.

Tempat pelaksanaan di Balai Desa Kalinegoro, dan setiap KK yang menerima Bansos Bupati mendapat uang tunai Rp 200.000. Bansos tersebut akan disalurkan selama tiga tahap.

Kepala Desa Kalinegoro, Hajid Mulyono, mengatakan pendistribusian bantuan tersebut ke masyarakat dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada Rabu (17/6/2020) dan Jumat (19/6/2020).

Hal tersebut disebabkan jumlah penerima bantuan di wilayah tersebut adalah terbanyak selama bansos dilaksanakan. Ada 1.071 KK untuk Bansos Bupati di Desa Kalinegoro.

"Dari 1.071 KK bantuan diserahkan pada hari Rabu (17/6/2020), namun pada hari itu mulai dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB, dan diperpanjang hingga pukul 15.00 WIB, baru dapat melayani 650 KK.

Kemudian sisanya baru dapat didistribusikan pada Jumat (19/6/2020) hingga tuntas," ucap Hajid.

Jika dibandingkan dengan bansos yang sudah didistribusikan sebelumnya di Desa Kalinegoro, seperti Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) hanya 155 kepala keluarga (KK). Dan paket sembako dari Bansos Provinsi Jawa Tengah, sebanyak 211 KK.

"Patut disyukuri warga dapat menerima bantuan. Meskipun hanya satu bantuan, jika warga sudah mendapat bantuan program lainnya seperti BLT DD atau Bansos Provinsi maka tidak mendapat Bansos Bupati," jelas Hajid.

Dalam penyaluran bantuan itu, warga mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker, jaga jarak, tangan disemprot hand sanitizer oleh panitia dan pemeriksaan suhu tubuh.

Sekretris Kecamatan Mertoyudan, Nur Khabib menambahkan, masih ada beberapa desa di wilayah Kecamatan Mertoyudan yang belum mendistristribusikan Bansos Bupati.

"Desa Pasuruhan, Mertoyudan, Danurejo dan Bondowoso belum menyelenggarakan penyaluran Bansos, tentunya akan dilaksanakan secepatnya.

Untuk Desa Kalinegoro karena jumlah penerimanya banyak, sehingga lebih dari satu hari, penyaluran bansos tersebut," ungkap Nur Khabib.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar