Unik! TNI-Polri Pentaskan Wayang Kulit Bangun Sinergitas Pilkada Damai

Dilihat 2238 kali
Pagelaran wayang kulit oleh dalang anggota Yon Armed 3/105 Tarik, dan pengiring gamelan para personil Kepolisian, Sabtu (24/03)

BERITAMAGELANG.ID - Ciptakan Pilkada serentak yang damai dan kondusif, personil TNI-Polri di Kabupaten Magelang memiliki cara unik, yakni menggelar pagelaran wayang kulit oleh dalang anggota Yon Armed  3/105 Tarik, dan pengiring gamelannya adalah para personil Kepolisian.


Pagelaran kesenian tradisional wayang kulit digelar di Pendopo Hotel Pondok Tingal, Borobudur Magelang, Sabtu (24/03) malam.


Jelang pementasan, Kabag Sumber Daya Manusia Polres Magelang, Kompol Eko Mardiyanto secara simbolis menyerahkan wayang kulit kepada Ki Dalang Letda Arm. Sugianto sebagai simbol sinergitas TNI-Polri dan masyarakat untuk menciptakan Pilkada serentak 2018 yang aman dan kondusif di Kabupaten Magelang.


Baik dalang maupun para pengiring, mengenakan seragam masing-masing kesatuan, seperti Ki Dalang dengan pakaian doreng dan anggota polres mengenakan seragam coklat harian. Pagelaran wayang kulit tersebut dihadiri oleh Aparat TNI Polri, Pemkab Magelang serta masyarakat Magelang dan sekitarnya.


Cerita yang diusung dalam pagelaran wayang kulit tersebut yaitu "Setyaki Manenges". Kisah ini menceritakan kelahiran Raden Setyaki yang kelak menjadi sekutu penting para Pandawa dalam Perang Barathayuda.


"Dalam kisah ini, saya mencoba menyajikan asal mula Raden Setyaki memiliki nama Yuyudana, Tambakyuda, Singamulangjaya, dan Wresniwira," tutur Letda Arm Sugiyarto.


Sementara itu Danyonarmed 3/105 Tarik, Mayor Arm Irwansah, S.A.P. mengatakan pagelaran wayang kulit tersebut merupakan wujud nyata sinergitas TNI Polri dan masyarakat.


"Selain itu juga mencerminkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harmonis di wilayah Magelang," ungkap Irwansyah.


Prajurit Yonarmed 3/105 Tarik siap membantu Polres Magelang mengamankan jalannya Pilkada serentak 2018 di wilayah Magelang. 


"Sinergitas TNI Polri akan selalu dijunjung tinggi untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar