Bangsa yang Besar Adalah yang Menghargai Jasa Pahlawan

Dilihat 2399 kali
Bupati Pimpin Upacara Hari Pahlawan

Bupati Magelang, Zaenal Arifin memimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Magelang di halaman Setda Kabupaten Magelang, Jumat (10/11). Dalam upacara ini, Kapten Arm. Sudjarwanto, Danramil Borobudur bertindak sebagai Komandan Upacara. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Magelang membacakan sambutan Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa khusus memperingati Hari Pahlawan 2017. Pada sambutan tersebut disampaikan bahwa memperingati Hari Pahlawan adalah mengenang para pendahulu, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka. Dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang pahlawan lakukan telah membuat warga negara bisa menikmati hidup yang lebih layak.

Bangsa yang menyadari tugasnya, sejatinya menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas. Apabila mampu bersatu sebagai bangsa Indonesia, maka akan dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Hari Pahlawan yang diperingati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa "Pertempuran 10 November 1945" di Surabaya, hingga akhirnya terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Menteri Sosial mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negerinya.

Bupati Magelang meminta masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan karena perjuangan para pahlawan untuk membebaskan negeri ini dari penjajahan membutuhkan pengorbanan yang besar.

"Kemerdekaan yang kita raih bukan datang sendiri, sehingga kita sebagai rakyat yang mengisi kemerdekaan itu, termasuk bagi saya, memaknainya seperti yang disampaikan Bung Karno bahwa bangsa yang besar itu bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan", katanya.

"Misalnya tugas kita untuk memerangi kemiskinan dan menjaga kedaulatan negara. Untuk Magelang, saya berpesan bekerjalah dengan hati yang paling dalam, bangga menjadi orang Magelang dan ayo kita ukir sejarah untuk Indonesia khususnya Kabupaten Magelang yang lebih baik, seperti visi Kabupaten Magelang yang makin Semanah", tambahnya.

Upacara dihadiri pula oleh Wakil Bupati Magelang, Zaenal Arifin, para Ketua Fraksi DPRD,  Plt. Sekda Eko Triyono, Asisten Setda, Staf Ahli, Jajaran Forkopimda Kabupaten Magelang, para Veteran dan janda Pejuang 1945, serta tamu undangan lainnya.

Usai menggelar upacara, Bupati Magelang berserta sejumlah pejabat Forkopimda melanjutkan ziarah dan tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Dharmoloyo, Magelang. - (Widodo Anwari, Bag. Humas Protokol)


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar