Walubi Gelar Pengobatan Gratis Tri Suci Waisak

Dilihat 2082 kali
Bakti sosial pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar Candi Borobudur, dalam rangkaian perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE tahun 2019.

BERITAMAGELANG.ID - Rangkaian kegiatan  perayaan Tri Suci Waisak 2563 BE tahun 2019 diawali dengan bakti sosial pengobatan gratis untuk masyarakat di sekitar Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

Digelar di pelataran Candi Borobudur, Selasa (14/5), oleh Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) dibuka langsung oleh Ketua Umum Walubi, S Hartati Murdaya.

Hartati mengatakan, sesuai dengan tema nasional yang diusung kali ini "Pahami Hati, Tampakan Kesejatian Diri" dengan sub tema "Implementasi Bodhisattvayana dengan berbagi dan melayani sesama manusia".

"Untuk kesekian kalinya Walubi mengadakan Bakti Sosial Pengobatan Gratis di Pelataran Candi Borobudur bagi masyatakat sekitar yang tidak mampu. Lebih kurang 8.000 warga," ucap Hartati.

Adapun kegiatan pengobatan gratis kali ini melayani pengobatan umum dan spesalis, poli gigi (cabut dan tambal gigi), poli mata operasi katarak, operasi benjolan/bedah minor, operasi bibir sumbing dan lain-lain.

Untuk dokter yang bergabung merupakan kerjasama antara Diskes TNI AU, Puskes TNI AD dan Walubi, serta didukung oleh dokter swasta dari Rumah Sakit Sardjito dan Dinkes Kabupaten Magelang. Pengobatan ini didukung 185 tenaga dokter, 294 tenaga paramedis dan sekitar 650 tenaga sukarelawan.

"Dengan harapan dapat turut membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu atau sama sekali tidak mampu," harapnya. 

Mewakili Gubernur Jawa Tengah, Kepala Biro Kesra Setda Jawa Tengah, Drs. Imam Maskur, M.Si, atas nama Pemerintah Jawa Tengah menyambut baik terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Ini merupakan bentuk kepedulian solidaritas, gotong-royong dalam rangka menghadirkan kesehatan bagi seluruh masyarakat," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar