Wartawan Berperan Penting Sukseskan Pilkada

Dilihat 1760 kali
Jelang Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Tengah menggelar pendidikan politik bagi para wartawan, di aula Hotel Ning Tidar Magelang Jawa Tengah, Rabu (25/04).

BERITAMAGELANG.ID - Jelang Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Tengah menggelar pendidikan politik bagi para wartawan, di aula Hotel Ning Tidar Magelang Jawa Tengah, Rabu (25/04).

Kasubid Pemilu, Pendidikan dan Budaya Politik Badan Kesbangpol Jawa Tengah, Sumanto, dalam sambutannya mengatakan, terkait pelaksanaan Pilkada serentak, ada beberapa potensi Kamtib (Ketertiban Masyarakat) krusial terkait pengerahan massa, yaitu Black Campaign dan Money Politics.

"Maka pendidikan politik salah satu upaya mengatasai potensi krusial yang akan terjadi menjelang pelaksanaan Pilkada tersebut," jelas Sumanto.

Menurut Sumanto, pendidikan politik merupakan proses pembelajaran dan pemahaman bagi masyarakat tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pendidikan politik bagi masyarakat, merupakan aktifitas yang harus terus berlanjut karena nantinya akan membentuk kepribadian publik, kesadaran politik, dan partisipasi politik," lanjut Sumanto.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Lembaga Pemantau Pemilu Persatuan Wartawan Indonesia (LPP PWI) Jawa Tengah, Zaenal Abidin Petir, berpesan kepada seluruh awak media untuk tetap menjaga netralitas, terutama dalam segi pemberitaan terkait Pilkada 2018.

"Jadi jangan sampai ada pelanggaran, terutama kode etik jurnalistik terkait penyelenggaraan Pilkada," ujar Zaenal. 

Sementara Sekjen PWI Jawa Tengah, Isdiyanto Isman menambahkan, fenomena berita hoax makin marak beredar di kalangan masyarakat, apalagi di tahun politik seperti saat ini.

"Saya harap para wartawan ini bisa betul-betul terlibat menyukseskan Pilkada, terutama kaitannya dengan menyampaikan pemberitaan yang benar, untuk melawan hoax," pungkas Isdiyanto.

Kegiatan tersebut dihadiri puluhan wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dari Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Temanggung.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar