Sistem “Jarwo” Digadang-Gadang Tingkatkan Produksi Gabah

Dilihat 1773 kali
Babinsa Dukun dampingi pelatihan penanaman sistem "Jarwo"

BERITAMAGELANG.ID - Anggota Koramil 15/ Dukun Kodim 0705/ Magelang melaksanakan pendampingan dan pelatihan penanaman padi dengan sistem/ pola jajar legowo (jarwo) di lahan seluas 0,25 hektar milik Lina Suspitasari, anggota Kelompok Tani Lestari Dusun Gendungan Desa Kalibening, dengan menanam jenis padi melati.


Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada petani tentang manfaat menanam padi dengan sistem/pola jajar legowo. Pola atau sistem jarwo adalah pola penanaman padi dengan mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi tanaman seolah - olah padi lebih banyak di pinggir. Polanya bisa 2:1 ; 3:1 atau 4:1.


Babinsa Kalibening Serma Eka Widiyanta mengatakan bertani menggunakan sistem jajar legowo bisa menambah jumlah tanaman padi sehingga produksi tanaman padi akan semakin meningkat secara signifikan, memperbaiki kualitas gabah karena banyaknya tanaman pinggir dan dapat mencegah hama pada tanaman padi.


"Dengan sistem jarwo ini diharapkan hasil panen akan semakin meningkat," ujar Eka.


Istiarto, PPL Desa Kalibening membenarkan yang dikatakan Serma Eka. Menurutnya, tanaman padi yang berada di pinggir akan mendapatkan sinar matahari lebih banyak oleh sebab itu sistem jajar legowo menjadi alternatif yang paling tepat untuk meningkatkan produksi gabah.


Sementara Ketua Kelompok Sari Tani dusun Gendungan Desa Kalibening, Sriyanto berharap para petani bisa menyerap ilmu dan mempraktekan di sawah masing-masing. "Sehingga ke depan hasil panen semakin meningkat dan kehidupan petani menjadi lebih sejahtera," harapnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar