Bersih-Bersih Sungai Warnai Festival Kali Elo Magelang 2018

Dilihat 2205 kali

BERITAMAGELANG.ID - Kolaborasi paguyuban dan komunitas peduli sungai melaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai Elo, Kamis (05/07). Bersih-bersih sungai digelar dalam rangka mempersiapkan kegiatan 'Festival Kali Elo 2018' yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Magelang, mulai 6 Juli 2018 besok.

"Diharapkan melalui Festival Kali Elo ini dapat memotivasi warga, khususnya para operator arung jeram dan warga di sekitar Sungai Elo, untuk lebih memajukan pariwisata arung jeram. Giat bersih-bersih sungai ini juga diharapkan dapat mengingatkan warga sekitar untuk selalu menjaga kelestarian sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan ke dalam sungai," ujar Kasi Pemasaran sekaligus Plt. Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, Zumrotun Rini, sebagai leading sector giat bersih-bersih sungai Elo.

Kegiatan bersih-bersih Sungai Elo diikuti 120 orang terdiri dari perwakilan Paguyuban Operator Arung Jeram Magelang (POAJM), unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dan SAR Kabupaten Magelang. Sebanyak 15 perahu karet dikerahkan untuk membersihkan berbagai sampah di Sungai Elo. Semua sampah yang terkumpul langsung dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Desa Pasuruhan. 

Dalam kegiatan ini, Disparpora Kabupaten Magelang menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang sangat terkait dengan penanganan sampah. Kasi Pengendalian Pencemaran Air dan Tanah pada DLH Kabupaten Magelang, Agus Siswanto, mengungkapkan giat bersih-bersih sungai tersebut bukanlah yang pertama kali dilakaukan. Menurutnya, antusiasme warga terhadap kebersihan sungai tiap tahunnya semakin meningkat.

"Prinsipnya kami sangat menyambut baik kegiatan seperti ini. Semakin banyak lembaga atau warga yang peduli akan kebersihan sungai, tentu semakin baik," kata dia.

Festival Kali Elo 2018 digelar selama tiga hari pada 6 sampai 8 Juli 2018 dan akan dimeriahkan dengan parade perahu hias, ritual dan sedekah sungai, Sendratari Maha Gelang, dan masih banyak agenda menarik lainnya.

Cek jadwal Festival Kali Elo Magelang 2018 di sini.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar