Asyik Nonton Kethoprak, Rumah Warga Ludes Terbakar

Dilihat 1716 kali
Kebakaran dua rumah di Dusun Puluhan Ketep Sawangan Kabupaten Magelang Minggu (01/04) dini hari

BERITAMAGELANG.ID - Kebakaran hebat melanda pemukiman padat penduduk Dusun Puluhan Desa Ketep Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Jawa Tengah Minggu (01/04) dini hari. Tak banyak barang tersisa dari musibah itu, termasuk hewan ternak sapi tewas terpanggang.


Sekretaris Desa Ketep, Tiyono mengungkapkan, kebakaran terjadi Sabtu (31/03) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Saat itu rumah dalam kondisi kosong, lantaran semua warga ikut dalam tradisi aum rejeb yang menampilkan pagelaran kethoprak dari Yogyakarta.


"Pagelaran kethoprak di rumah Kepala Dusun Puluhan, Marpomo pun terpaksa dihentikan. Semua warga termasuk para tamu yang hadir panik mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya," jelas Tiyono.


Sementara itu, Kepala Urusan (Kaur) Perencaan Desa Ketep, Siswanto menjelaskan, kebakaran diduga berasal dari sisa bara api di tungku dapur milik Ahmad Ratip (50) yang lupa dimatikan. Tak lama berselang, api dengan cepat merambat ke bagian dapur rumah sebelahnya, milik Tami (44).


"Beruntung kebakaran tidak meluas ke bangunan rumah rumah lain yang saling berdekatan. Api baru dapat dipadamkan dua jam kemudian oleh warga bersama dua unit mobil Tim Damkar Kabupaten Magelang," jelas Siswanto.


Kondisi rumah Ahmad Ratip ludes rata dengan tanah. Tak banyak barang berharga yang bisa diselamatkan dari musibah tersebut.


"Termasuk 1 ekor sapi ditemukan tewas terpanggang di kandang," lanjut Siswanto.


Minggu (01/04) pagi warga bergotong-royong membersihkaan material bangunan kedua rumah yang menjadi korban tersebut. Sedangkan Ahmad Ratip bersama istri dan 2 anaknya mengungsi di rumah kerabatnya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar