Aplikasi Jelajah Magelang, Wadah Promosi Produk Unggulan Desa

Dilihat 440 kali
Kepala Bidang Aplikasi, Informatika dan Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi, menjelaskan pengelolaan aplikasi Jelajah Magelang dalam Pelatihan SDM bidang informasi dan komunikasi bagi perangkat desa.

BERITAMAGELANG.ID - Perangkat desa menjadi  salah satu ujung tombak pelaksana Smart City Kabupaten Magelang. Melalui sebuah aplikasi Jelajah Magelang, perangkat desa bisa turut berkiprah secara langsung menginformasikan kepada publik terkait potensi wilayahnya. 

"Karena perangkat desalah yang mengetahui seluk beluk di desanya, potensi mana yang bisa diangkat untuk dipromosikan melalui aplikasi Android, Jelajah Magelang.

Dalam hal ini perangkat desa juga bertindak sebagai admin mengelola aplikasi dengan memberikan informasi untuk aplikasi Jelajah Magelang," ucap Kabid Aplikasi, Informatika dan Statistik Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Sugeng Riyadi, di sela Pelatihan SDM bidang informasi dan komunikasi bagi perangkat desa yang diselenggarakan di Ruang Bina Karya Komplek Setda, Selasa (18/6).

Untuk Kabupaten Magelang sendiri mempunyai 367 desa dan lima kelurahan, dengan potensi yang berbeda di setiap desa. Melalui sistem aplikasi Jelajah Magelang, yang bisa di download di Playstore Android akan mampu membantu menyampaikan informasi kepada siapapun terkait dengan seluk beluk Magelang.

Dalam aplikasi tersebut beragam kategori informasi disampaikan seperti, kuliner, pendidikan, peternakan, perikanan, tempat belanja, industri, pertanian, sumber mata air, kesehatan, otomotif, jasa, wisata, BUMDes, layanan publik, CCTV, berita, tempat ibadah, koperasi, fasilitas umum, kesenian, alamat dusun dan lain sebagainya.

"Bila kita sedang berkegiatan di Kecamatan Ngablak, kita ingin informasi katering terdekat, maka tinggal mencari informasi di aplikasi Jelajah Magelang.

Maka informasi katering di daerah Ngablak akan muncul secara lengkap dalam aplikasi Jelajah Magelang yang juga telah terintegrasi dengan Google Maps. Siapa yang memasukan informasi katering tersebut? Tidak lain adalah perangkat desa di wilayah Kecamatan Ngablak," ungkapnya.

Aplikasi Jelajah Magelang, sebagai salah satu Quick Win atau program unggulan Smart City, bertujuan mengangkat produk lokal masyarakat, agar lebih mudah diketahui publik.

"Seperti mesin pencari informasi, tetapi khusus wilayah Magelang lengkap dengan foto dan informasi mendetail lainnya.

Harapannya dengan memanfatkan kemajuan teknologi internet, hal tersebut juga menjadi media menyejahterakan masyarakat, dengan mengangkat potensi yang ada di desa, baik sumber daya alam maupun produk dan jasa dari masyarakat langsung," tandasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar