Apel Siaga, ASN Harus Tanggap Bencana

Dilihat 1694 kali
Apel Siaga Penanggulangan Bencana di halaman Setda Kabupaten Magelang, Jumat (27/04).
BERITAMAGELANG.ID - Dalam menangani bencana alam, diperlukan kesiapsiagaan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), komunitas relawan, dan petugas penanggulangan bencana, agar saling berkoordinasi dalam menangani bencana yang terjadi di Kabupaten Magelang. Demikian disampaikan Pejabat sementara (Pjs) Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, saat memimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana di halaman Setda Kabupaten Magelang, Jumat (27/04).

"Beberapa waktu lalu ada tanah longsor dan puting beliung, kami ucapkan terima kasih atas kepedulian semua elemen masyarakat, tentunya tidak lepas dari partisipasi seluruh pemangku kepentingan, Pemkab, TNI, Polri, ASN, masyarakat serta para relawan mari terus tingkatkan koordinasi, komunikasi dan sinkronisasi agar penanganan bencana dapat terus berlanjut," jelas Tavip. 

Secara geografis, sebagian besar wilayah Kabupaten Magelang merupakan perbukitan. Pasalnya, wilayah Kabupaten Magelang diapit oleh lima gunung. Hal inilah yang mengakibatkan Kabupaten Magelang rawan terjadi bencana, terutama tanah longsor. Usai pelaksanaan apel dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana di halaman Setda Kabupaten Magelang.

"Simulasi evakuasi pada hari ini memberi kesempatan untuk mengenali ancaman resiko bencana di sekitar agar dapat melakukan rencana terorganisir. Maka Pemkab mengapresiasi BPBD karena telah melaksanakan kegiatan apel siaga dan simulasi bencana," tutupnya.

Apel Siaga Penanggulangan Bencana 2018 diikuti ratusan ASN, perwakilan TNI, Polri, Forkopimda, serta puluhan relawan se-Kabupaten Magelang.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar