Apa Kata Pepih Nugraha dan Arbain Rambey Soal Jurnalisme Online dan Fotografi?

Dilihat 1597 kali
Pepih Nugraha, founder PepNews! menjelaskan tentang jurnalisme online, Balkondes Ringinputih, Borobudur, Jawa Tengah (24/03)

BERITAMAGELANG.ID - "Menulis berita harusnya disampaikan dengan cara story telling (bercerita)," kata Pepih Nugraha, founder PepNews.com.


Selain bergaya story telling, lanjut Pepih, sebuah naskah berita akan lebih hidup dan menarik jika menggunakan bahasa umum yang digunakan masyarakat.


"Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan asyik, supaya pembaca lebih enak membaca berita kita," lanjut Pepih saat memberi pelatihan jurnalisme online di hadapan puluhan wartawan media di Balkondes Ringinputih, Borobudur, Magelang Jawa Tengah, Sabtu (24/03).


Masih seputar jurnalisme online, Pepih melanjutkan, kunci utama pembaca tertarik mengklik berita kita ada pada judul.


"Buatlah judul yang catchy, yang mengandung rahasia, sehingga pembaca tergoda mengklik judul berita kita," pungkasnya.


Dalam kesempatan tersebut, hadir pula fotografer senior media Kompas, Arbain Rambey.


"Sehari sebelum foto, seorang fotografer harus sudah punya gambaran akan seperti apa foto yang diambil," kata Arbain.


Terkait pengambilan foto, lanjut Arbain, ada empat hal penting yang harus diperhatikan fotografer.


"Teknik, posisi, komposisi, dan momen. Ini penting banget harus diketahui fotografer," sambungnya.


Selain itu, masih kata Arbain, sebuah foto juga harus memiliki empat elemen penting agar tampak hidup.


"Sebuah foto harus bagus, indah, menarik, dan berbicara. Makanya seorang fotografer harus sudah tahu apa tujuannya mengambil foto," tandas Arbain.  


Pelatihan fotografi dan jurnalisme online digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero). Pelatihan ini diikuti puluhan wartawan media online, cetak dan radio yang tergabung dalam organisasi PWI di wilayah Jawa Tengah.


"Pelatihan ini digelar dalam rangka pelaksanaan program CSR PT. Pertamina, semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan media," ujar Agus Mashud, VP CSR & SMEPP PT. Pertamina (Persero) saat menyambut dan membuka pelatihan tersebut.


Turut hadir dalam acara ini, Pejabat sementara Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, Sekretaris Jenderal PWI, Hendry CH Bangun, Ketua PWI Kabupaten Magelang, Bagyo Harsono, dan Ketua PWI Kota Magelang, Adidaya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar