Antisipasi Penyebaran Corona, RSUD Muntilan Tutup Jam Besuk Pasien

Dilihat 4470 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin didampingi Direktur RSUD Muntilan M. Syukri cek kesiapan penanganan Covid-19

BERITAMAGELANG.ID - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muntilan memberlakukan kebijakan baru terkait pencegahan dan antisipasi penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Magelang.


Melalui akun media sosial instagram @RSUDMuntilan disampaikan bahwa mulai Senin (16/3/2020), RSUD Muntilan tidak membuka jam besuk bagi seluruh pasien rawat inap.


"Demi menjaga kesehatan masyarakat, mencegah dan mengurangi merebaknya Covid-19, dengan ini RSUD Muntilan Kabupaten Magelang tidak memberlakukan jam kunjung bagi pasien rawat inap," demikian kutipan pengumuman yang diterbitkan Direktur RSUD Muntilan, M. Syukri.


Selain itu, RSUD Muntilan juga membatasi orang yang menunggu pasien maksimal dua orang.


Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah memerintahkan semua rumah sakit daerah siap sebagai lini kedua penanganan pasien yang terindikasi Covid-19.


Sedangkan persiapan RSUD Muntilan terkait penanganan pasien terpapar Covid-19, pihaknya telah mempersiapkan ruang isolasi khusus di IGD (satu ruangan), ICU (dua ruangan), Bangsal (satu ruangan).


"Total ada empat dengan ICU. Tapi untuk ICU khusus untuk kondisi yang memang mengharuskan pasien masuk ICU saja. 


Selain ruang isolasi, SDM (sumber daya manusia) juga sudah kita persiapkan tim penanggulangan. Ketua tim penanggulangannya dr Syamsul spesialis penyakit dalam. Kemudian untuk alat dan SPO (standar prosedur operasional) juga sudah siap, simulasi juga sudah kita lakukan," kata M. Syukri.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar