Antisipasi Kebakaran Susulan, Koramil Srumbung Laksanakan Patroli

Dilihat 81 kali
Personel Koramil sedang briefing ersiapan patroli ke Lereng Merapi yang masuk kawasan TNGM guna antisipasi kebakaran hutan susulan

BERITAMAGELANG.ID - Personel Koramil 16/Srumbung melaksanakan patroli untuk pengawasan, pencegahan sekaligus imbauan kepada masyarakat di sekitar wilayah lereng Merapi yang kerap terjadi kebakaran, Selasa (8/10).


Patroli yang dilaksanakan untuk mengantisipasi dan mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) susulan di Wilayah Gentong (Taman Nasional Gunung Merapi) masuk wilayah Desa Ngablak Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. 

Di saat musim kemarau seperti sekarang ini sudah terjadi beberapa kali kebakaran di lereng Merapi. Kebakaran bisa terjadi diakibatkan oleh titik api yang ada ataupun oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Danramil 16/Srumbung, Kapten Inf I Ketut Kukuh menyampaikan patroli pengawasan dan imbauan yang dilaksanakan anggotanya bertujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya membakar hutan dan lahan pada saat musim kemarau. 

"Dengan himbauan ini diharapkan bisa mengurangi kejadian kebakaran hutan" kata Danramil.

Sertu Suryadi, Babinsa Koramil 16/Srumbung yang turut naik ke hutan Merapi juga memberikan himbauan dan teknis cara pemadaman api kepada warga sekitar TNGM.

"Saya berharap agar warga desa memiliki naluri kesiapsiagaan apabila terjadi musibah kebakaran," ujar Suryadi.

Kesiapan alat perlengkapan juga sangat penting untuk proses pemadaman api. Meskipun hanya alat seadanya, yakni mesin pompa, selang, ember, slenggrong, cangkul dan alat lainnya. Secara teknis warga desa sekitar TNGM sudah siap bilamana musim kemarau panjang datang dan siap memadamkan api bila terjadi kebakaran hutan.

Patroli yang dilakukan Anggota Koramil 16/Srumbung diapresiasi oleh Budiyono, Kades Ngargosoko. Ia menyambut gembira dan mendukung upaya yang dilakukan oleh Koramil bersama dengan relawan dan petugas lain.

"Kami sangat berterima kasih kepada anggota Koramil yang bersedia memberikan arahan kepada warga kami untuk antisipasi cegah dini apabila terjadi karhutla," ungkap Budiyono.

Kegiatan patroli antisipasi kebakaran juga dilaksanakan oleh personel Koramil Dukun dan Koramil Sawangan di wilayah hutan Merapi.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar