Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kabupaten Magelang Capai 79,16 Persen

Dilihat 1370 kali
ilustrasi regional kompas.com

BERITAMAGELANG.ID - Angka kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, hingga Minggu (18/10/2020) kemarin mencapai 79,16 persen. Angka kesembuhan ini terus naik. Sebelumnya pada tanggal 14 Oktober lalu, angka kesembuhan baru mencapai 74,89 persen.


"Angka ini menunjukkan ada progres yang baik. Namun demikian, kita tidak boleh terlena karena yang kita dihadapi ini sesuatu yang ada, tapi tidak kelihatan. Tetap waspada, tetap mentaati anjuran pemerintah dengan pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun dan menjauhi dan tidak membuat kerumunan," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Senin (19/10/2020).


Sementara itu, saat ini ada penambahan 26 pasien positif baru. Sembilan diantaranya dari Mertoyudan, 7 Tempuran dan masing-masing dua orang dari Secang dan Borobudur. Selain itu ada satu orang tersebar di Grabag, Candimulyo, Windusari, Dukun, Salaman dan Bandongan. "Dari 26 itu, 16 diantaranya diperoleh dari swab masif dan sisanya 10 orang berasal dari kontak erat," jelasnya.


Selain ada tambahan 26 orang itu, ada satu pasien positif yang meninggal. Sebelumnya ia dirawat di rumah sakit dengan status Pasien Dalam Pengawasan. Almarhum berasal dari Kecamatan Tempuran. Namun demikian, saat ini ada 40 pasien positif yang sembuh. Mereka berasal dari Tempuran (13 orang), Bandongan (9), Mungkid (8), Salam (3), Pakis (3), Windusari (2) dan satu orang di Salaman serta Mertoyudan. "Dengan tambahan 26 orang, 40 sembuh dan seorang meninggal ini, jumlah kumulatifnya menjadi 861 orang. Rinciannya, 139 dirawat dan menjalani isolasi mandiri, 701 sembuh dan 21 meninggal," lanjutnya.


Sedang untuk PDP, saat ini ada 9 baru. Lima diantaranya berasal dari Tempuran dan satu orang tersebar di Mungkid, Salaman, Tegalrejo dan Muntilan. Selain itu ada satu PDP yang meninggal dan seorang PDP yang alih status ke positif. Meski demikian, ada lima PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Salam (2 orang), Tempuran (2) dan Bandongan satu orang. "Dengan tambahan sembilan baru, lima sembuh, satu meninggal dan satu alih status ke positif itu, jumlahnya menjadi 620 orang. Rinciannya, 20 dirawat, 531 sembuh dan 69 meninggal," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar