Alih Domisili, Pasien Covid-19 Sisa Dua Orang

Dilihat 1594 kali
Foto ilustrasi: freepik.com

BERITAMAGELANG.ID - Pasien positif Covid-19 yang kemarin diketahui berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, ternyata tercatat sebagai warga Kota Magelang. Dengan demikian, jumlah kasus terkonfirmasi positif di Kabupaten Magelang yang masih dirawat, tinggal dua orang. Keduanya merupakan warga Kecamatan Secang.


"Iya tambahan pasien positif yang kemarin dicatat sebagai warga Kecamatan Mertoyudan, hasil konsultasi dengan Dinkes Provinsi Jateng, yang bersangkutan merupakan warga Kota Magelang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi, Minggu (5/7/2020).


Dengan berkurangnya satu pasien positif akibat pindah status domisili tersebut, kata Nanda, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Magelang praktis juga berkurang satu menjadi 144 orang. Rinciannya, dua masih dirawat, empat meninggal dan 138 dinyatakan sembuh.


"Dua pasien terkonfirmasi positif yang saat ini masih dirawat, sebenarnya tinggal menunggu hasil swab. Semoga saja, hasilnya keduanya negatif sehingga pandemi covid-19 di Kabupaten Magelang segera berakhir," harapnya.


Pasien Dalam Pengawasan (PDP), hari ini ada tambahan 4 baru. Dua diantaranya dari Kecamatan Grabag dan masing-masing satu dari Secang dan Srumbung. Namun demikian, hari ini ada satu PDP yang dinyatakan sembuh. Ia berasal dari Kecamatan Mungkid.


"Dengan tambahan empat dan satu sembuh ini, jumlah kumulatif PDP hingga saat ini ada 294 orang. Rinciannya, 243 sembuh, 17 dirawat dan 34 meninggal," sebutnya.


orang dalam pemantauan (ODP), hari ini ada satu yang lolos pantau. Namun demikian ada satu tambahan ODP baru.


“Dengan demikian, jumlah ODP yang masih dalam pemantauan masih tetap sama dengan kemarin, yakni 14 orang," ungkapnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan virus corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar tetap mematuhi tujuh pedoman Bupati Magelang, Zaenal Arifin sebagai persiapan menuju tatanan kenormalan baru. Yakni melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan.


“Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pesannya.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar