Aktivitas Meningkat, Warga Lereng Merapi Kembali Diungsikan

Dilihat 10656 kali
Proses evakuasi warga Desa Ngargomulyo Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang didampingi pihak terkait

BERITAMAGELANG.ID - Sebagian warga dari beberapa dusun sekitar kawasan Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, kembali mengungsi pada Minggu (3/1/2021). Hal ini dilakukan setelah aktivitas kegempaan dan guguran gunung Merapi meningkat dalam beberapa hari terakhir.


Sebanyak 127 jiwa dari Dusun Ngandong, Dusun Gemer dan Dusun Karanganyar Desa Ngargomulyo, Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang telah dievakuasi menuju tempat pengungsian di Balai Desa Taman Agung Muntilan Kabupaten Magelang yang merupakan desa penyangganya (Sister Village).


Kepala Desa Ngargomulyo, Widodo mengatakan 127 jiwa yang diungsikan terdiri dari warga rentan, yakni lansia, orang sakit, ibu hamil dan anak-anak. Sedangkan satu dusun lagi yaitu Batur Ngisor masih dalam musyawarah warga.


''Warga sebelumnya sudah diungsikan selama satu bulan, namun karena merasa jenuh warga pulang ke rumahnya masing masing guna beraktifitas seperti bisa. Maka berdasarkan rapat koordinasi antara BPPTKG dan Pemerintah Kabupaten Magelang kemarin dengan meningkatnya aktivitas Merapi maka warga tersebut untuk segera diungsikan kembali,” ungkapnya.


Proses pengungsian ini didampingi Camat Dukun, Kapolsek, Koramil dan relawan menggunakan 11 armada dengan pengawalan dari pihak terkait.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar