Aksi Warga Piyungan Barat Lawan Covid-19 Penuh Semangat

Dilihat 2086 kali
Pembagian masker dan penyemprotan warga Dusun Piyungan Barat melawan Covid-19
BERITAMAGELANG.ID - Pemuda di Dusun Piyungan Barat, Desa Tirtosari Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang tak kenal menyerah melawan wabah Covid-19.

Mereka bahu-membahu bersama Forkompimcam, Polsek dan Koramil Sawangan melakukan aksi mencegah penularan Covid-19 dengan penyemprotan disinfektan, sosialisasi dan pembagian masker.

"Sosialisasi, penyemprotan dan pembagian masker 400 masker hari ini," kata tokoh pemuda Piyungan Barat, Krisbiantoro, Minggu (10/5/2020).

Menurutnya, upaya tersebut dinilai cukup efektif untuk membangkitkan kesadaran masyarakat dalam mencegah penularan wabah Covid-19 bersama-sama. Karena hingga kini Dusun Piyungan Barat masih steril dari paparan Covid-19.

Sementara untuk semua biaya penyemprotan disinfektan berasal dari bantuan yang dihimpun dari donatur dan warga setempat.

"Operasional swadaya, dan pembagian masker dari donatur," jelasnya.

Dusun ini juga menyediakan tiga unit rumah karantina. Ketiga rumah itu digunakan bagi saudara atau warga pendatang dari luar daerah. Sejauh ini sudah tiga warga yang pulang dari perantauan dan menghuni rumah kosong tersebut. 

Sepanjang masa karantina itu warga bersama-sama memantau kecukupan sarana prasarana dan makanannya.

"Kita memantau dan mengawasi dan jika tidak mampu untuk biaya makan kita adakan jimpitan," terangnya.

Lingkup Desa Tirtosari terdiri dari 500 KK dengan kegiatan warga sebagai petani padi. Geografis Dusun Piyungan Barat menjadi jantung akses penghubung ke desa-desa lain yang digunakan warga beraktivitas. 

Kondisi pemukiman yang berada di tengah itu membuat warga lebih waspada namun tidak melakukan penutupan akses utama. Warga hanya selektif terhadap pendatang dengan meningkatkan ronda jaga malam kamtibmas.

Penyemprotan disinfektan terhadap benda dilakukan dua kali seminggu yakni tiap Rabu terhadap rumah warga dan Minggu untuk lingkungan.

Dalam momen Minggu ini, satu unit mobil digunakan untuk penyemprotan keliling sambil sosialisasi.

"Dusun Piyungan Barat, inisiasi untuk Desa Tirtosari melawan Corona," ungkap salah satu pemuda Piyungan Sambodo penuh semangat.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar