Aksi Kepedulian Forum Anak Magelang Bagikan Sembako

Dilihat 251 kali
BERITAMAGELANG.ID - Di tengah pandemi covid-19, masyarakat berlomba-lomba membantu orang-orang yang terdampak virus ini, tak terkecuali komunitas Forum Anak Kabupaten Magelang (Fornagel). Meski masih belia, kepedulian mereka terhadap warga sekitarnya patut dibanggakan. Mereka membagikan sembako pada sejumlah korban terdampak covid-19 di sekitar tempat tinggal mereka, Selasa (12/5/2020).

Sebanyak 25 paket sembako yang mereka kumpulkan dari para donatur dibagikan ke tetangga masing-masing anggota Fornagel dari berbagai daerah di Kabupaten Magelang.

"Sasarannya itu masyarakat yang terkena dampak Covid-19, seperti terkena PHK, diantaranya di Ngluwar, Bandongan, Sawangan, dan Mertoyudan," kata Ketua Fornagel, Mutiara Hanuun Atsilah.

Hanuun dan teman-teman membuat pamflet untuk mencari donatur yang disebarkan melalui media sosial. Sembako yang dibagikan berisi beras, teh, gula, dan minyak goreng.

"Harapannya supaya masyarakat Indonesia bisa bergotong-royong bersama dan lebih bersatu dengan saling membantu satu sama lain di tengah pandemi Covid-19," ujarnya.

Fornagel terbentuk pada 22 Desember 2009. Anggota Fornagel adalah anak-anak yang berumur kurang dari 18 tahun. Fornagel terus berperan aktif sebagai pelopor dan pelapor kegiatan anak di Kabupaten Magelang.

"Peran pelopor adalah mengadakan kegiatan yang kreatif dan inovatif," imbuh Hanuun.

Sementara peran pelapor adalah melaporkan hal-hal kurang baik yang terjadi pada anak (pelanggaran hak anak), misalnya kekerasan ataupun bullying. Sehingga, apabila teman-teman (khususnya berusia kurang dari 18 tahun) dari Kabupaten Magelang mengalami pelanggaran hak anak, bisa bercerita ataupun berkonsultasi kepada Fornagel didampingi Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Perempuan (Dinsos PPKB dan P3A) setempat.

"Kami akan menjamin privasi teman-teman yang bercerita," kata dia.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar