Pitutur dan Nasehat Kebaikan Dalam Pagelaran Wayang Kulit

Dilihat 3588 kali
Penyerahan Tokoh Wayang Abimanyu Dalang Ki Radyo Harsono dari Plt Sekertaris Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein mewakili Bupati Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Pagelaran wayang kulit menghadirkan Dalang Ki Radyo Harsono dari Muntilan membawakan lakon Wahyu Cakraningrat di Dusun Curah 3 Desa Sukorini Kecamatan Muntilan, Sabtu (16/11/2019). 


Dengan pagelaran ini diharapkan masyarakat menyadari wayang kulit masih ada dan hidup di tengah masyarakat sehingga bisa mengambil pesan darinya.


Hal tersebut diungkapkan Plt Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang Slamet Ahmad Husein saat membacakan Sambutan Bupati Magelang.


Lebih lanjut Ahmad Husein mengatakan melalui berbagai lakon yang ditampilkan, penonton memperoleh berbagai pitutur, nasehat tentang kebaikan dan kebajikan dalam mengarungi kehidupan di dunia.


Pitutur dari pagelaran wayang ini sekarang dirasa begitu penting di tengah kondisi masyarakat yang tengah mengalami masa masa degradasi moral.


“Hampir tiap hari terpapar dengan berbagai  peristiwa atau adegan kekerasan yang beraneka ragam polah tingkah manusia yang semakin menjauh dari nilai nilai norma dan kebajikan,” lanjutnya.


Ahmad Husein juga mengajak seluruh masyarakat bersama-sama melestarikan dan merawat seni budaya wayang sebagai salah satu kekayaan khasanah budaya bangsa.


“Dan merupakan salah satu kearifan lokal yang tidak saja memberikan tontonan, tapi mampu memberikan tuntunan yang sangat bernilai bagi masyarakat yang menikmati,” harapnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar