Ada 6 Pasien Positif Covid-19 Sembuh, Tapi Tambah Tiga Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Dilihat 2332 kali
Ilustrasi foto antaranews.com

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Magelang, Kamis (24/9/2020) bertambah tiga orang. Mereka berasal dari Kecamatan Muntilan, Salaman dan Tempuran. Meski demikian, hari ini ada enam pasien positif yang sembuh. Empat diantaranya dari Kecamatan Mertoyudan dan lainnya dari Pakis dan Grabag. Dengan tambahan tiga baru dan empat sembuh itu, jumlah kumulatif pasien positif menjadi 471 orang. Rinciannya, 26 dirawat dirumah sakit, 129 menjalani isolasi mandiri, 303 sembuh dan 13 meninggal.


"Untuk tiga tambahan baru itu, terdiri dari dua laki-laki dan seorang perempuan. Untuk yang perempuan, usia 26 tahun berasal dari Tempuran. Namun hingga saat ini, belum diketahui riwayat terpaparnya. Sedang dua laki-laki, berasal dari Salaman usia 61 tahun, namun juga belum diketahui riwayat kontaknya dan laki-laki usia 87 tahun dari Muntilan. Ia sebelumnya memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi sebelumnya," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 20 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Salaman dengan 26 orang. Kemudian Kecamatan Mertoyudan, Candimulyo, Borobudur dan Grabag, dengan 22, 18, 16 dan 12 orang. Untuk Kecamatan Secang dan Salam, masing-masing ada 10 orang. Selanjutnya di Ngablak dan Muntilan dengan masing-masing 7 orang.


"Untuk Tegalrejo dan Tempuran, masing-masing ada 5 orang. Sedang Kecamatan Mungkid dan Bandongan, masing-masing empat orang. Kemudian Pakis dan Sawangan, dengan masing-masing 2 orang. Sedang Kecamatan Kajoran, Ngluwar, Srumbung, Kaliangkrik dan Dukun, ada satu orang," sebutnya.


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada satu tambahan baru. Ia berasal dari Kecamatan Bandongan. "Saat ini juga ada tiga PDP asal Mertoyudan dan dua dari Secang, yang sembuh. Namun demikian, ada satu pasien PDP alih status menjadi pasien terkonfirmasi positif berasal dari Salaman. Dengan tambahan satu baru, tiga sembuh dan seorang alih status ke positif itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 527 orang. Rinciannya, 12 dirawat dirumah sakit, 453 sembuh dan 62 meninggal," lanjutnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar