Ratusan Jamaah Calon Haji Asal Kabupaten Magelang Siap Diberangkatkan

Dilihat 2142 kali
Para petugas disiapkan mendampingi jamaah calon selama menunaikan ibadah haji
BERITAMAGELANG.ID - Pemerintah Kabupaten Magelang, melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Magelang, menggelar Manasik Massal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji 2018 di Gor Gemilang, Kompleks Setda Kabupaten Magelang, Senin (16/07).

Manasik Massal dan Pelepasan Jamaah Calon Haji dibuka oleh Bupati Magelang, Zaenal Arifin diwakili Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Eko Triyono. Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan agar jamaah calon haji selalu meluruskan niat. 

"Saya mengingatkan kepada seluruh jamaah haji dari Kabupaten Magelang untuk selalu meluruskan niat, artinya kalau ibadah haji yang akan bapak ibu laksanakan untuk mengharapkan ridho Allah semata. Hal ini perlu sekali saya sampaikan karena ini adalah salah satu kunci kemabruran haji bapak ibu sekalian," ungkapnya. 

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang, Mad Sabitul Wafa menyebutkan jumlah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan pada 2018 adalah 977 jemaah.

"Sebenarnya total keseluruhan yang akan diberangkatkan adalah 978, namun ada satu orang jemaah haji yang meninggal dunia," ujar Mad Wafa di sela kegiatan.

Pada pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2018 ini, lanjut Mad Wafa, akan dibagi menjadi 3 kloter.

"Ada 3 kloter tetapi tidak utuh, ada tambahan yang kloter 34 dari Wonosobo, kemudian yang kloter 36 dari Purworejo" jelas, Mad Sabitul.

Ketiga kloter tersebut diberangkatkan secara berurutan yaitu kloter 34 pada 26 Juli 2018, sedangkan untuk kloter 35 dan 36 pada 27 Juli 2018.

Dari data yang telah dihimpun, terdapat jamaah haji tua dan jamaah haji muda dalam pemberangkatan jamaah calon haji tahun 2018 ini.

"Untuk calon jamaah haji yang paling tua itu berumur 86 tahun, sedangkan calon jemaah haji yang paling muda berumur 18 tahun," bebernya.

Terkait cuaca ekstrim dan kesehatan, pihaknya mengaku telah melakukan serangkaian persiapan untuk menunjang kelancaran pada calon jemaah haji yang akan diberangkatkan.

"Pada intinya para calon jemaah haji ini sudah kita persiapkan secara baik, mereka sudah diberikan persiapan dan bimbingan oleh Kementerian Agama. Terkait kesehatan, kita juga sudah memberikan vaksinasi meningitis 3 bulan sebelum pemberangkatan," tutupnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar