Bertahap, Kabupaten Magelang Terapkan Program Smart City

Dilihat 2140 kali
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem saat memberikan keterangan pers, Jumat (08/06)

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem menyebutkan, saat ini sudah ada 9 SKPD di Kabupaten Magelang yang tengah mempersiapkan program Smart City. Hal ini diungkapkan Agus Liem, usai penandatanganan kerjasama program Smart City antara Pemerintah Kabupaten Magelang dengan PT Telkom di Kantor Radio Gemilang FM Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (08/06).

"Rencananya, tanggal 22 Juni akan ada PKS (penandatanganan perjanjian kerjasama) dengan Kota Semarang, yaitu bidang kesehatan yang akan dilakukan oleh Pak Tavip (Pjs Bupati Magelang). Bagaimana kita akan mengetahui Puskesmas, rumah sakit, kamar yang kosong berapa, jumlahnya berapa. Jadi ke depan, bagi yang mendaftar di Puskesmas ataupun rumah sakit akan mendapatkan informasi lebih cepat," kata Agus Liem.

Demikian juga, lanjut Agus, di bidang perdagangan. Masyarakat dapat segera mengetahui harga-harga barang kebutuhan bahan pokok dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

"Selain itu, di bidang perizinan pun tidak ada lagi istilah 'berkas mlaku dewe' (berkas berjalan sendiri). Pada saat nanti PT Telkom sudah berjalan semua, orang cukup di desa, nanti mendaftarkan berkasnya cukup menggunakan IT saja. Sedangkan kaitannya dengan kependudukan, apabila ada orang lahir satu, tinggal mengisi blanko yang sudah ada oleh bidan atau dari desa, dan tinggal dikirim saja melalui jaringan IT," paparnya.

Sedangkan 9 SKPD di Kabupaten Magelang yang tengah mempersiapkan sistem Smart City tersebut, yakni Dinas Kesehatan, RSUD Muntilan, Dinas Perizinan, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Dinas Pendidikan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Diskominfo, dan BPBD.

Agus menjelaskan, saat ini Kabupaten sedang menuju 100 Smart City Indonesia. Kabupaten Magelang termasuk 25 kabupaten/kota yang lolos dalam seleksi yang dilakukan Kementerian Kominfo pada tahun ini. 

"Yang awal-awal kemarin ada Kota Semarang, Bandung, Tangerang, dan Jakarta itu sudah menjadi pionir-pionir Smart City Indonesia," lanjutnya.

Sistem Smart City yang diterapkan di Kabupaten Magelang akan mengadopsi sistem Smart City di Kota Semarang, sesuai dengan MoU yang sudah diteken Pejabat sementara Bupati Magelang dengan Walikota Semarang beberapa waktu lalu.

"Seperti di ruang DPU Kota Semarang, bisa memantau secara langsung jalan punya pusat, provinsi, dan Kota Semarang. Begitu ada kerusakan, maka orang cukup mengirim foto lewat gadgetnya dan dikirim ke aplikasi, hari itu juga akan ada perbaikan. Mimpi kami juga seperti itu nantinya," pungkasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar