9 Sembuh, Tapi Tambah 33 Orang Positif Covid-19

Dilihat 3661 kali
lustrasi foto suarajogja.com

BERITAMAGELANG.ID - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Magelang, Minggu (27/9/2020) bertambah 33 orang. Sebanyak 11 diantaranya berasal dari Kecamatan Candimulyo. Kemudian, masing-masing empat orang dari Salaman dan Tegalrejo. Tiga orang di Bandongan dan Mertoyudan, dua di Tempuran serta satu orang tersebar di Grabag, Secang, Windusari, Mungkid, Muntilan dan Dukun. Meski demikian, hari ini ada 9 pasien positif yang sembuh. Tiga orang masing-masing di Mertoyudan dan Ngablak serta satu orang di Borobudur, Muntilan dan Candimulyo.


"Sebanyak 33 tambahan positif baru itu, terdiri dari laki-laki 14 orang dan perempuan 19 orang. Sebanyak 28 diantaranya memilih menjalani isolasi mandiri dan sisanya lima orang dirawat di beberapa rumah sakit. Tambahan 33 positif ini, merupakan lonjakan tertinggi kedua setelah sebelumnya pernah mencapai 52 orang. Hal ini terjadi, selain karena kontak erat, pelaku perjalanan, juga karena swab masif hasil tracing kontak erat, perempuan hamil, lansia dan anak-anak," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.


Meski demikian, lanjut Nanda, hari ini ada 9 pasien positif yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan dan Ngablak dengan masing-masing tiga orang, serta satu orang di Borobudur, Muntilan dan Candimulyo. "Dengan tambahan 33 baru dan 9 sembuh itu, jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 menjadi 512 orang. Rinciannya, 31 dirawat di rumah sakit, 86 menjalani isolasi mandiri, 379 sembuh dan 16 meninggal," lanjutnya.


Sementara peta sebaran pasien positif diwilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 18 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak Kecamatan Mertoyudan dengan 21 orang. Kemudian Kecamatan Candimulyo dan Secang dengan, 18 dan 11 orang. Untuk Kecamatan Salaman dan Bandongan, masing-masing ada 8 orang. Selanjutnya di Muntilan, Salam dan Tempuran, dengan masing-masing 7 orang. Di Tegalrejo dan Grabag, yang masing-masing ada 6 orang. "Untuk Kecamatan Mungkid ada lima orang dan masing-masing dua orang dari Sawangan dan Pakis. Kemudian di Borobudur, Kajoran, Windusari, Srumbung dan Dukun, ada satu orang," sebutnya. 


Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada empat tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Mertoyudan, Borobudur, Mungkid dan Sawangan. Selain itu juga ada empat PDP yang alih status menjadi positif, berasal dari Tempuran dua orang, dan masing-masing satu orang dari Grabag dan Secang. Meski demikian, saat ini juga ada enam PDP yang sembuh. Dua diantaranya dari Secang dan yang lain tersebar di Sawangan, Tempuran, Dukun dan Bandongan.


"Dengan tambahan empat baru, empat alih status ke positif dan enam orang sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 543 orang. Rinciannya, 9 dirawat dirumah sakit, 472 sembuh dan 62 meninggal," jelasnya.


Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika Virus Corona di Kabupaten Magelang masih ada. Terkait hal itu, pihaknya minta kepada masyarakat agar mentaati Inpres No. 6 Tahun 2020 dan Perbup Kabupaten Magelang No. 38 Tahun 2020 tentang pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter dan menghindari kerumunan serta disiplin mematuhi protokol kesehatan. "Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya.

Editor Slamet Rohmadi

0 Komentar

Tambahkan Komentar