Dilantik, 49 Kepala Desa Terpilih

Dilihat 2666 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Desa terpilih, Jumat (07/12)

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang melantik 49 Kepala Desa hasil Pilkades beberapa waktu lalu di Pendopo Drh. Soepardi Sawitan Kota Mungkid, Jumat (07/12).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Magelang telah menyelenggarakan Pilkades serentak di 50 desa yang tersebar di 16 kecamatan pada 14 Oktober 2018.

''Kegiatan pemilihan kepala desa tersebut telah dapat terlaksana dengan tertib aman dan lancar, meskipun ada satu desa yang dinyatakan gagal karena jumlah pendaftar bakal calon kepala desa hanya satu orang, yaitu Desa Kemutuk Kecamatan Tempuran," ungkap Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP dalam sambutannya.

Pemilihan Kepala Desa tahun 2018, lanjut Bupati, merupakan yang kedua kali dilaksanakan di Kabupaten Magelang pasca diundangkannya Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa beserta peraturan pelaksanaan.

"Terlepas dari berbagai hambatan dan permasalahan yang muncul, secara umum penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa di 49 desa tersebut dapat dikatakan berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Adapun tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkades tanggal 14 Oktober yang lalu cukup tinggi dan memuaskan. Rata-rata tingkat partisipasi pemilih di 49 desa yang melaksanakan Pilkades mencapai 82 persen," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati berpesan kepada para Kepala Desa yang telah dilantik agar mengawali tugas dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk beribadah, serta melayani masyarakat dan negara. Senantiasa menjaga kekompakan dan hubungan dengan semua perangkat desa, anggota BPD serta pengurus lembaga kemasyarakatan yang ada di desa selaku mitra pemerintah desa.

"Jabatan sebagai Kepala Desa sejatinya adalah jabatan sebagai seorang pemimpin bukan sebagai penguasa. Seorang pemimpin lebih mendahulukan kepentingan umum daripada diri dan keluarga, seorang pemimpin lebih suka melayani masyarakat yang dipimpin daripada minta dilayani masyarakat. Seorang pemimpin itu mendahulukan keteladanan daripada sekedar ucapan. Saya juga mengimbau kepada para Kepala Desa untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan desa dengan tetap berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan," ujarnya mengakhiri. 

Turut hadir dalam pelantikan tersebut jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Magelang, para kepala SKPD, para Camat, PKK, serta ratusan masyarakat yang merupakan sanak keluarga Kades terpilih.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar