3.200 Dosis Vaksin Sinovac Akan Tiba Pekan Depan

Dilihat 917 kali
Zonasi Kabupaten Magelang terkait Covid-19, kini kembali merah
BERITAMAGELANG.ID - Kepala Seksi Survelian dan Imunisasi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Dwi Susetyo mengungkapkan akan menerima 3.200 dosis vaksin Sinovac pada tahap pertama. Vaksin sebanyak itu, diperuntukan untuk tenaga kerja atau sumber daya manusia kesehatan termasuk supir ambulans. Menurut rencana, vaksin ini akan tiba 10 Januari 2020. 

Lokasi pemberian vaksin telah disiapkan 51 fasilitas kesehatan, meliputi 29 puskesmas, dua rumah sakit pemerintah, 18 klinik swasta dan dua rumah sakit swasta. Sedangkan tenaga vaksinatornya, kini telah dilatih sebanyak 61 orang. 

"Mereka terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Untuk tahap pertama, telah dilatih sebanyak 27 dokter. Tahap kedua 7 perawat dan tahap ketiga ada 27 bidan," jelas Dwi saat Konferensi Pers Penanganan Covid-19, Jumat (8/1/2021).

Dwi menjelaskan, zonasi Kabupaten Magelang terkait Covid-19, saat ini kembali merah. Di Jawa Tengah, selain Kabupaten Magelang juga ada Kota Semarang, Wonogiri, Grobogan, Kudus, Kota Magelang, Sragen, Rembang dan Kota Surakarta. Meski demikian, rasio reproduksi efektif (Rt) atau angka penularannya, justru turun dibandingkan sebelumnya.

Kata Dwi, ada 12 indikator untuk menentukan zonasi suatu daerah terkait Covid-19. 

"Saat ini, kita berada di tengah dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Angkanya di 1,29. Artinya, setiap orang hanya dapat menularkan ke satu orang saja," ujar Dwi.

Meski berada di zona merah, kata Dwi, pihaknya tidak mempermasalahkan. 

"Ini adalah bagian dari kemampuan kita dalam menemukan pasien terkonfirmasi. Data ini penting dibutuhkan, untuk menentukan kebijakan berikutnya," jelasnya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar