Bupati Magelang Beri Pembinaan Aparatur Desa di Salaman dan Tempuran

Dilihat 163 kali
Bupati magelang Zaenal Arifin Sip mengajak berbincang dengan salah satu siswa Smpn 1 salaman saat penanaman pohon tabebuya

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP kembali memberikan Pembinaan kepada Aparatur Desa. Kali ini giliran Aparatur Pemerintah Desa se-kecamatan Salaman dan Tempuran di Gedung KPRI Dwija Kecamatan, Selasa (12/02). Pembinaan dilakukan untuk meningkatkan kinerja Aparatur Pemerintahan Desa.


Bupati mengatakan, sesuai amanatnya bersama Wakil Bupati Magelang Edy Cahyana, SE, dan amanat aturan atau Undang Undang, pihaknya sedang menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) 2019 -2024.


"Tahapan sampai pada Konsultasi Publik, maka kita mendengarkan masukan dari seluruh pihak. Secara garis besar kami sampaikan bahwa Visi dan Misi kami tidak lain adalah bagaimana kita mengurus wilayah Pemerintah Kabupaten Magelang sebetulnya sama dengan di jajaran Pemeritah Desa, Kecamatan maupun Kabupaten," ungkapnya. 


Maka dari itu, Bupati mengajak segenap aparatur desa se-Kecamatan Salaman dan Tempuran untuk menghadirkan pemerintahan yang amanah. Salah satunya dengan menjaga amanah yang telah diberikan oleh masyarakat untuk melaksanakan roda pemerintahan di tingkat desa.


"Maka hal tersebut juga harus sesuai dengan 10 Prioritas Pembangunan Kabupaten Magelang periode 2019-2024, beberapa di antaranya adalah meningkatkan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, kehidupan beragama, penanggulangan kemiskinan, dan penanggulangan bencana," jelasnya.


Terkait hal tersebut, Bupati meminta agar pemerintahan di tingkat desa dapat mensinkronkan RPJMD dengan pemerintahan di tingkat Kecamatan, maupun di tingkat Kabupaten, dengan tujuan satu Visi dan Misi dalam pembangunan.


Menurutnya, untuk memenuhi hal tersebut sangat diperlukan adanya Monografi Desa. Dimana semua data tentang desa akan bisa langsung tersambung hingga di tingkat Kabupaten. Pihaknya juga meminta agar desa dapat menganggarkan pembangunan Smart Desa.


"Perubahan era digital ini mau tidak mau harus kita ikuti, maka oleh karena itu saya minta pada APBDes ini untuk menganggarkan Smart Desa, supaya semuanya dapat langsung tersambung dengan kita yang ada di tingkat Kabupaten," kata dia.


Usai memberikan pembinaan kepada Aparatur Desa, Bupati melanjutkan dengan penanaman pohon Tabebuya di SMP Negeri 1 Salaman sebagai simbol pelestarian lingkungan.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar