Ratusan Hewan Ternak Siap Bersaing Dalam Kontes Bupati Cup

Dilihat 2332 kali
Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP meninjau sebanyak 271 ekor ternak, terdiri dari Sapi, Domba dan Kambing Jawa Randu Borobudur, yang ikut dalam Kontes Bupati Cup 2019.

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 271 ekor ternak, terdiri dari Sapi, Domba dan Kambing Jawa Randu Borobudur, mengikuti Kontes Ternak Bupati Cup 2019 di Pasar Hewan Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Selasa (19/3). Kontes ternak yang memperebutkan Piala Bupati Magelang dan uang pembinaan tersebut, bertujuan mempertahankan populasi dan genetik ternak flasma nutfah. 

"Harapannya, untuk memberikan apresiasi para peternak yang selama ini mampu melaksanakan dan beternak dengan baik, dan secara langsung mempertahankan genetik ternak flasma nutfah," kata Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Peternakan dan Perikanan (Dispeterikan) Kabupaten Magelang Ahmat Dahroji, Senin (18/3).

Dahroji menjelaskan, Kontes Ternak Bupati Magelang Cup 2019 yang diikuti 271 ternak, terdiri dari 43 ekor sapi, 25 ekor sapi induk, 5 ekor sapi dara dan 13 sapi pedet. Ada pula 28 ekor domba, terdiri 10 ekor domba jantan dan 18 domba betina. Sedangkan Kambing Jawa Randu Borobudur, ada sekitar 200 ekor yang akan kontes.

Kontes Ternak Bupati Cup, lanjutnya, digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun Kota Mungkid ke 35, serta memadupadankan tekad dan niat untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang, melalui peningkatan gairah dan minat peternak dalam meningkatkan produktivitasnya.

Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Peternakan dan Perikanan, selalu berupaya meningkatkan populasi dan produktivitas ternak, salah satunya dengan penjaringan bibit ternak melalui lomba dan kontes ternak.

"Kontes ternak ini, untuk memperlihatkan kepada masyarakat di Kabupaten Magelang, bahwa potensi ternaknya sangat besar, sehingga perlu untuk terus dikembangkan, karena di Kabupaten Magelang, selain tersedianya pakan ternak, juga didukung dengan udara, air dan potensi lainnya," kata Dahroji.

Harapannya, kontes ini bisa memberikan motivasi para peternak agar selalu beternak dengan baik, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga.

"Yang terpenting, adalah apresiasi kepada Bupati  Magelang telah memberikan kesempatan para peternak untuk menampilkan ternaknya pada ajang kontes," tutupnya. 

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar