Sampah Diolah Menjadi 'Berkah'

Dilihat 3979 kali
Inovasi baru, kelompok bank sampah Lestari, Tegalrejo, membuat terobosan dalam pengelolaan sampah.

BERITAMAGELANG.ID - Kelompok Bank Sampah Lestari Dusun Cecelan, Desa Soroyudan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah patut menjadi contoh pengelolaan sampah mandiri yang dikelola warga. Sebab, banyak inovasi yang sudah dilakukan, termasuk pengelolaan limbah sampah organik.


"Ada empat inovasi ysng sudah kami lakukan, termasuk memanfaatkan limbah pampers (popok anak) yang bisa digunakan untuk pot bunga," kata Tri Wardoyo, kader sampah Lestari, saat menerima tim juri lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten Magelang, Kamis (22/2).


Kepala Desa Soroyudan, Sahudi mengungkapkan semangat warga untuk mengolah sampah sangat bagus, sehingga perlu dukungan semua pihak. Termasuk pemanfaatan lahan desa yang dulu untuk membuang sampah, kini jadi sekretariat untuk aktivitas pengelolaan sampah mandiri. Selain memajukan inovasi dan kreatifitas, kelompok sampah Lestari juga membuat miniatur biogas, pemerasan bonggol pisang yang dapat dimanfaatkan untuk pupuk organik, juga membuat pupuk cair organik.


Lomba Bank Sampah Tingkat Kabupaten Magelang, diadakan dalam rangka HUT ke 34 Kota Mungkid. Lomba diikuti 21 kelompok Bank Sampah yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magelang, Sri Murni Ediyanti menjelaskan ini bukan semata lomba, tapi juga ada pembinaan. 


Dari 21 kelompok, diambil 6 untuk lomba busana daur bank sampah, juga yel yel tentang bank sampah. Selain itu, juga ada 'Grebeg Sampah' di Kecamatan Muntilan, Kecamatan Borobudur, Grabag dan Bandongan. Kegiatan 'Grebeg Sampah' ini diadakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah.


"Sampah setelah diolah, ternyata bisa memberikan nilai tambah. Maka pemanfaatan sampah yang dibuang justru bisa mendatangkan uang, ini sangat bagus," kata Sri Murni Ediyanti. 


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar