176 Orang Tembus Passing Grade Tes SKD CPNS Kabupaten Magelang

Dilihat 3665 kali
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang Erie Sadewo, SH saat ditemu di ruang kerjanya, Selasa (06/11)

BERITAMAGELANG.ID - Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Magelang usai dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 3 November 2018 di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Kota Magelang, Jawa Tengah. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang Erie Sadewo, SH mengungkapkan, meski hanya sebagian peserta yang hadir, keseluruhan tes berjalan lancar.


"Dari 3.078 peserta yang lulus seleksi administrasi, hanya 3.030 orang yang melanjutkan tahapan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dalam rangkaian proses rekrutmen CPNS Kabupaten Magelang," jelas Erie saat ditemui Berita Magelang di kantornya, Selasa (06/11).


Dari penetapan alokasi CPNS Kabupaten Magelang sebanyak 259 formasi, sejumlah peserta dinyatakan lulus passing grade sesuai ketentuan Permenpan No. 37 tahun 2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

"Kalau kita membaca gambaran live score, sebanyak 176 yang memenuhi passing grade," ungkapnya.


Berdasarkan data live score hasil SKD tes CPNS Kabupaten Magelang, sebagian besar peserta gagal pada nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


"Passing grade TKP tidak boleh kurang dari 143, yang kami dengar, teman-teman tidak bisa mencapai nilai sejumlah itu. Inilah yang jadi gambaran umum hampir di semua daerah. Hasil SKD ini tidak cukup memberi hasil sebagaimana harapan kita bersama," keluhnya.


Meski banyak keluhan dari masyarakat mengenai sulitnya tes CPNS kali ini, Erie menjelaskan pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena kewenangan tersebut ada pada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).


"Kalau komentar kami, betapapun kan moratorium ini sudah sekian panjang (lama), kemudian antusiasme masyarakat untuk berkesempatan ikut tes kan begitu besarnya, tentunya dengan demikian juga ada harapan bahwa kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, ya artinya temen-temen berharap tentu berpeluang bisa lolos,"


Erie berpesan agar para peserta tetap berusaha semaksimal mungkin meskipun banyak yang berkomentar tes kali ini bisa dikatakan cukup sulit.


"Ketentuan ini tentunya berlaku nasional dan harus kita hargai, hormati dan pedomani bersama pelaksanaannya. Untuk itu ya harapannya kita tunggu sajalah barangkali nanti Pemerintah punya kebijakan yang lebih, ada keberpihakan agar temen-temen (peserta tes CPNS) tadi juga bisa berkesempatan lebih jauh menggapai harapannya. Saya berharap demikian," harapnya.


Erie menambahkan, jumlah ini masih gambaran sementara karena hasilnya masih akan diintegrasikan dengan hasil ujian selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pelaksanaan SKB dijadwalkan pada 22 - 28 November 2018.


"Nanti Kabupaten Magelang dapat jatah yang tanggal berapa masih menunggu informasi, seperti (SKD) kemarin karena kita bersama-sama dengan kabupaten/kota eks Karesidenan Kedu dan Banjarnegara. Yang jelas jadwalnya ya di antara rentang waktu itu, formulanya masih computer assisted test (CAT). Sesuai namanya, SKB nanti tesnya sesuai kompetensi bidang masing-masing," tutupnya. 


Dalam ujian SKD sebelumnya, peserta mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelijensi Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Cek hasil capaian passing grademu klik di sini.

Editor Fany Rachma

2 Komentar

ismanurini@gmail.com 25 November 2018 20:25
Amin semoga terlaksana dengan baik. Kapan pengumuman kepolosan kota Magelang?
Muhandis Faruq 07 November 2018 10:18
Semoga ada kebijakan lain dari pemerintah, bagi teman2 yang sudah mencapai batas nilai minimal 298..agar dapat diikutserkan skb, sehingga nantinya nilai skd dan skb dapat di akumulasikan, dan kami masih berkesempatan memenangkan kompetisi ini dan dinyatakan lolos menjadi pns, Aamiin

Tambahkan Komentar