Ribuan Siswa SMP dan MTs Kabupaten Magelang Bersiap Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Dilihat 2978 kali
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Haryono menyatakan siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, Senin (09/04)

BERITAMAGELANG.ID - Sebanyak 17.189 siswa SMP dan MTs di Kabupaten Magelang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 23-26 April mendatang. Berbagai persiapan pun tengah dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang, mulai dari mempersiapkan perangkat komputer, penyediaan jaringan internet, dan ketersediaan listrik.


"Kami sudah mempersiapkan mulai dari perangkat komputer, ketersediaan listrik dan internet, dan juga kesiapan petugas teknisi, proktor atau pengawas," terang Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Haryono saat ditemui BeritaMagelang.id di sela-sela acara penyerahan SK Kenaikan Pangkat PNS di GOR Gemilang Setda Magelang, Senin (09/04).


Haryono menambahkan, sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi dengan PLN agar tidak ada gangguan listrik yang dapat mengganggu jalannya ujian. Selain itu, pihak sekolah pun diminta menyiapkan genset jika sewaktu-waktu listrik padam.


"Persiapan genset ini hanya untuk jaga-jaga saja, tapi kita sudah berkoordinasi dengan PLN sebelumnya," lanjut Haryono.


Terkait UNBK, Haryono mengaku telah melakukan sosialisasi kepada seluruh kepala sekolah mengenai kisi-kisi soal ujian, pelatihan guru untuk membuat prediksi soal, uji coba dan penambahan jam pelajaran.


"Target kami adalah seluruh siswa dapat mengikuti UNBK dengan lancar," imbuhnya.


Di samping itu, Haryono juga berharap hasil UNBK 2018 dapat meningkat. Ditargetkan pada tahun ini hasil UNBK di wilayah Kabupaten Magelang dapat menduduki peringkat lima besar se-Jawa Tengah.


"Tahun 2017 lalu, SMP di Kabupaten Magelang berhasil menduduki peringkat 4 dari 35 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah. Semoga tahun ini dapat lebih meningkat," harapnya.

UNBK akan dilaksanakan pada 23-26 April dan mengujikan 4 (empat) mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan UNBK di tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada hari ini (09/04).


Jumlah peserta UNBK di wilayah Kabupaten Magelang terdiri dari 12.410 siswa SMP dan 4.779 siswa MTs. Sementara jumlah sekolah penyelenggara ujian sebanyak 141 SMP dan 72 MTs, baik sekolah negeri dan swasta.


Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar