Hari AIDS Sedunia, Jauhi Virus HIV, Bukan Orangnya

Dilihat 2240 kali
Kabag Kesra Drs. H. Jawawi bersama para narasumber dan kelompok seni LSM Kalandra meriahkan Peringatan Hari AIDS Sedunia, Kamis (29/11)

BERITAMAGELANG.ID - Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember merupakan momen bagi semua lapisan masyarakat untuk mewujudkan pencegahan HIV/AIDS. 

Untuk itu Komisi Penanggulangan AIDS bekerja sama dengan Bagian Kesra Setda Kabupaten Magelang menyelenggarakan kegiatan berkonsep edutainmet dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 2018 dengan tema  ''Saya Berani, Saya Sehat'', yang dilaksanakan di Aula Tempat Evakuasi Akhir Desa Tanjung Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang, Kamis (29/11).

Dalam kesempatan tersebut Pj Sekretaris Daerah diwakili Kabag Kesra Setda Kabupaten Magelang Drs. H. Jawawi. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan, kasus-kasus HIV/AIDS bagaikan fenomena gunung es.

"Artinya apa yang tampak pada data dan angka tidaklah mencerminkan keadaan sebenarnya, bahkan sangat mungkin dalam kenyataannya bahwa HIV/AIDS jauh lebih besar dari data dan angka yang ada. Apalagi tingkat kesadaran terhadap penyakit yang masih rendah dan stigma negatif yang masih berkembang di masyarakat terhadap ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS)," paparnya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, di Kabupaten Magelang tercatat 161 orang terinfeksi HIV AIDS. Maka kegiatan ini bertujuan menggugah kesadaran masyarakat terhadap bahaya AIDS dan menghilangkan stigma buruk dikriminasi terhadap ODHA.

''Dan ini membutuhkan penanganan serius dan komitmen dari semua pihak, baik dari sisi penanganan, pencegahan, sosialisai dan edukasi kepada masyarakat, sesuai dengan amanah Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 10 Tahun 2016, Pemerintah berkewajiban melakukan upaya penanggulangan HIV/AIDS secara komprehensif, terpadu dan berkesinambungan,” lanjutnya.

Jawawi juga mengajak semua elemen masyarakat meningkatkan kualitas koordinasi untuk mengeratkan kerjasama di lintas sektoral sebagai bagian dari ikhtiar dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Magelang.

"Dengan semangat Hari AIDS Sedunia tahun 2018 yang diperingati setiap tanggal 1 Desember, mari kita tingkatkan kesadaran terutama kalangan generasi muda akan bahaya HIV/AIDS yang mengancam masa depan mereka secara khusus, dan masa depan bangsa pada umumnya," ajaknya.

Editor Fany Rachma

0 Komentar

Tambahkan Komentar